Obat Batuk Kronis - Informasi Batuk

Blog seputar informasi tentang batuk, jenis batuk, gejala batuk, dan pencegahannya dengan obat-obat batuk yang alami, sederhana, dan tradisional

Obat Batuk Tradisional yang Alami dan Efektif

Segala sesuatu yang terdengar tradisional tidak lagi dianggap sebelah mata. Sebab sejatinya, sesuatu yang alami lebih aman dan menenangkan. Termasuk untuk soal obat batuk, justru ada beberapa obat tradisional atau bahan alami yang lebih efektif dari obat-obatan lainnya. Apalagi ketika batuk menyerang dan Anda maupun keluarga segera membutuhkan pertolongan, maka beberapa bahan alami yang ada di rumah bisa dimanfaatkan seperti jahe, madu, kunyit dan sebagainya.

Madu untuk batuk

Berikut beberapa Obat batuk tradisional yang alami dan efektif :

Obat Batuk Tradisional dengan Kunyit


Kunyit merupakan salah satu bahan untuk Obat batuk tradisional yang telah lama digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan sesendok kunyit bubuk ke dalam 4 cangkir air mendidih. Sedangkan untuk batuk kering, Anda bisa mencampur kunyit bubuk dengan satu sendok teh madu.

Obat Batuk Tradisional dengan  Teh Akar Licorice


Tahukah Anda dengan akar licorice, salah satu bahan alami ini ternyata mampu meredakan radang tenggorokan dan mengencerkan dahak. Yang digunakan di sini ialah akar licorice kering. Masukkan dua sendok makan akar licorice kering ke dalam cangkir lalu tuang 25 ml air mendidih ke dalam cangkir, dan seduh selama 1 hingga 15 menit. Akan tetapi perlu diingat, jangan meminum Obat batuk tradisional ini jika Anda mengalami gangguan ginjal atau sedang menggunakan obat steroid.

Obat Batuk Tradisional dengan Madu

Dalam sebuah penelitian, madu ternyata justru lebih ampuh dan lebih efektif dari obat-obatan yang dijual bebas dalam meredakan batuk. Serta, madu memiliki fungsi yang sama dengan dekstrometorfan yang efektif menekan batuk. Madu dapat dijadikan Obat batuk tradisional dengan meminumnya langsung atau melarutkannya dalam segelas teh hangat yang dicampur dengan lemon.

Obat Batuk Tradisional dengan Jahe


Jahe merupakan bahan alami yang memiliki efek pedas dan kuat ketika diminum, dengan efek itulah jahe cukup baik untuk mengatasi gangguan pada saluran pernapasan. Jahe juga merupakan Obat batuk tradisional yang efektif dengan cara kerjanya yakni mengencerkan dahak dan menekan iritasi di bagian belakang tenggorokan yang memicu batuk. Jahe bisa dicampur dengan madu dan menjadi minuman hangat.

Obat Batuk Tradisional dengan Teh timi


The timi menjadi satu Obat batuk tradisional yang banyak digunakan di Jerman untuk dapat mengobati berbagai gangguan pada saluran pernapasan. Dengan menenangkan otot tenggorokan dan mengurangi peradangan, teh timi menjadi bahan alami yang mampu mengobati batuk. Caranya buatlah air mendidih, kemudian campurkan air mendidih dan 2 sendok makan teh timi bentuk bubuk. Setelah itu, saring teh sebelum diminum. Opsi lainnya, Anda bisa menambahkan madu dan lemon. Selain menambahkan rasa, madu dan lemon juga mampu memperkuat efek penenangan.

Obat Batuk Tradisional dengan Garam


Obat batuk tradisional selanjutnya ialah berkumur menggunakan larutan garam. Selain simpel, Anda juga cukup mengambil bahan di dapur dan menggunakan cara ini secara alami. Cara ini mampu meredakan batuk yang meradang pada tenggorokan dan mengurangi pembengkakan, serta mampu mengeluarkan dahak. Caranya cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam 25 ml air hangat. Anda bisa berkumur dengan larutan tersebut dengan mengulang-ngulangnya sampai habis.

Demikian informasi seputar bahan-bahan alami untuk mengatasi batuk dengan cara efektif dan tentunya aman. Semoga artikel seputar Obat batuk tradisional kali ini bermanfaat untuk Anda. Bila kondisi batuk masih memburuk, baiknya Anda segera konsultasi dan periksa ke dokter karena mungkin batuk Anda ialah gejala pertanda dari gangguan kesehatan dalam tubuh.
Back To Top