Obat Batuk Kronis - Informasi Batuk

Blog seputar informasi tentang batuk, jenis batuk, gejala batuk, dan pencegahannya dengan obat-obat batuk yang alami, sederhana, dan tradisional

Obat Batuk Berdahak untuk Anak dan Penanganannya

Melihat buah hati kita terserang sakit tentunya cukup mengkhawatirkan. Batuk yang tidak kunjung sembuh dari hari ke hari atau batuk rejan sangatlah perlu untuk ditangani. Baik dengan obat tradisional alami, maupun dengan obat batuk yang biasa dibeli. Karena masa-masa anak cukuplah rentan terhadap sakit, salah satunya ialah batuk maupun asma. Hal ini disebabkan karena system kekebalan pada tubuh anak belumlah sesempurna orang dewasa, maka anak-anak masih rentan terhadap virus dan bakteri. Kali ini kita akan membahas tentang batuk berdahak dan obat yang tepat untuk anak.

Anak batuk

Batuk rejan pada anak biasanya memiliki gejala-gejala sebagai berikut :

  1. Batuk terus-menerus dan intens serta mengeluarkan dahak yang kental
  2. Wajah yang merah akibat kelelahan karena batuk yang bertubi-tubi
  3. Kerap muntah pada bayi dan anak
  4. Suara melengking di setiap tarikan napas dalam setelah batuk terjadi.

Berikut penjelasan mengenai Obat batuk berdahak untuk anak berikut penanganannya :


Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang Obat batuk berdahak untuk anak, terlebih dahulu kita akan membahas seputar batuk berdahak. Dimana penyakit ini sebenarnya tidaklah terlalu berbahaya, namun juga perlu diwaspadai. Batuk berdahak biasanya diakibatkan oleh virus maupun alergi, seperti alergi dingin sehingga menyebabkan saluran pernapasan anak menyempit dan menimbulkan lendir. Di sinilah perlunya Obat batuk berdahak untuk anak untuk dapat meredakan pernapasan dan mengatasi batuk.

Resep I


Untuk resep obat batuk berdahak yang pertama, sediakan satu setengah sendok makan air perasan jeruk nipis, 4 sendok makan madu murni alami, dan juga 5 sendok makan air putih. Campurkan semua bahan-bahan alami tersebut untuk dijadikan Obat batuk berdahak untuk anak, dan aduk secara merata. Kemudian berikan pada anak Anda untuk diminum.

Resep Obat batuk berdahak untuk anak ini memiliki dosis sebagai berikut.


Untuk anak berusia 7 hingga 11 bulan, berikan 4 x 1 sendok teh setiap harinya. Lalu untuk anak berusia 1 hingga 2 tahun, berikan 4 x 1 sendok makan setiap harinya. Sedangkan untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun, berikan 5 x 1 setengah sendok makan setiap hari.

Resep II


Untuk resep Obat batuk berdahak untuk anak yang kedua, siapkan segenggam bunga belimbing wuluh yang masih segar, sesendok makan gula batu, satu siung bawang merah, seperempat bagian pala dan setengah gelas air biasa. Kemudian cara membuat Obat batuk berdahak untuk anak resep kedua ini adalah sebagai berikut.

  1. Iris bawang merah menjadi 4 bagian
  2. Pukul buah pala sampai menjadi beberapa bagian kecil
  3. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan ke dalam mangkok kecil, lalu tutup
  4. Kukus bahan yang telah tercampur, selama kurang lebih satu jam
  5. Saring air rebusan ramuan tersebut dan berikan kepada anak Anda

Lalu, untuk dosis penggunaan Obat batuk berdahak untuk anak resep kedua ini yakni.


Untuk anak 7 hingga 11 bulan, berikan 4 x 1 sendok teh setiap hari. Untuk anak usia 1 hingga 2 tahun, berikan 4 x 1 sendok teh setiap hari, serta untuk anak usia 3 hingga 5 tahun, berikan 4 x 1 setengah sendok makan setiap hari.

Demikian informasi seputar Obat batuk berdahak untuk anak dan cara-cara penanganannya. Semoga artikel kali ini bermanfaat.